15+ Kisah Tokoh Inspiratif Dunia, Sukses Dalam Bidang Kewirausahaan, Dunia Dakwah

15+ Kisah Tokoh Inspiratif Dunia, Sukses Dalam Bidang Kewirausahaan, Dunia Dakwah

Tokoh Inspiratif – Hallo Sahabat Amanah? bagimana kabarnya? Semoga Anda semua sehat semua dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin. Sahabat, untuk mencapai kesuksesan tentunya menjadi Impian atau keinginan setiap orang yang ada di dunia ini, termasuk Anda dan saya.

Walaupun sukses Menurut Anda berbeda dengan yang orang lain, akan tetapi tidak ada salahnya mengetahui cara dibalik sukses yang dilakukan orang-orang hebat dan orang-orang  yang luar biasa dalam mencapai kesuksesannya.

Tokoh Inspiratif yang memberi pengaruh ini bisa digolongkan sebagai cara pandang Anda tentang arti kesuksesan dan cara mencapainya.

Apakah Penting mempunyai Tokoh Inspiratif itu? Menurut fikiran saya sangat penting, Tokoh Inspiratif dimilki orang tidak sadar. Bisa saja Tokoh Inspiratif yang berpengaruh ke Anda adalah Presiden, Tokoh Perdamain Dunia, Aktor Film, atau bahkan Atlit olah raga,

Sahabat kali ini Kami Akan Membahas Sedikit 15+ Kisah Tokoh Inspiratif yang sudah mendunia, Siapa Saja Mereka?

Tokoh Inspiratif Dunia

Tokoh Inspiratif | Nabi Muhammad SAW

Nabi dan rasul terakhir dan satu-satunya manusia yang bisa meraih keberhasilan sangat besar bahkan dalam buku karangan Michael Hart 100 tokoh paling berpengaruh di dunia menempatkan sosok Muhammdad di urutan pertama di antara para nama manusia paling berpengaruh di dunia yang pernah ada dalam peradaban manusia universal.

Karena sosok Muhammad adalah satu-satunya manusia yang dapat meraih keberhasilan yang sangat luar biasa, di dalam dakwah atau penyiaran agama islam ataupun dalmam kehidupan dunia. Dia menyebarluaskan agama Islam dan sekarang menjadi agama terbesar dunia. Sosok pemimpin politik dan panglima tentara yang cerdik, tak hanya itu dia pun menjadi pemimpin agama yang agung.

Setelah tiga belas sejak wafatnya Muhammad, pengaruhnya terhadap dunia masih kuat dan pengikutnya pun semakin bertambah. Karena dia adalah manusia paling serba bisa di dunia dalam kepemimpinan negara, agama, politik dan juga sebagai panglima perang yang hebat. Bahkan, saat muda sosoknya sudah terkenal amanah dan jujur.

Tokoh Inspiratif | Albert Einstein

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / ngaco.id

Seorang ilmuan yang lahir di Jerman terkenal dengan kejeniusan bahkan otaknya di awetkan di Mutter Museum, Amerika Serikat. Dialah yang menemukan teori relativitas, sebuah teori yang menjadi terobosan ilmiah sangat signifikan. Tak hanya menjadi ilmuan dia juga menjadi pejuang hak asasi manusia dan selalu berkampanye agar dunia lebih damai.

Selain menjadi fisikawan teoritis Einstein juga mempunyai hobi bermain biola. Dia mulai belajar bermain biola saat masih anak-anak sampai tua. Dia juga pernah berkata jika dia tidak menjadi seorang fisikawan teoritis mungkin dia akan menjadi seorang musisi. Ibunya juga seorang pianis yang cukup baik

Tokoh Inspiratif | Abraham Lincoln

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / millercenter.org

Abraham Lincoln adalah salah satu Presiden Amerika yang pengaruh sangat kuat pada masanya. Sebelum mempunyai kedudukan sebagai seorang presiden, Lincoln dulunya seorang pengacara. Karena memiliki rasa simpati dan empati yang yang tinggi, dia selalu melihat masalah dengan keseluruhan yakni dari sudut pandang banyak orang, termasuk kaum budak.

Dialah orang yang menghapuskan sistem perbudakan di Amerika. Cara yang dia gunakan adalah dengan konsep empati untuk berbicara kepada bangsa Amerika untuk melawan perbudakan.

Tokoh Inspiratif | Nelson Mandela

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / bookslive.co.za

Seorang aktifis yang memperjuangkan keadilan dan kebebasan di negaranya, Afrika Selatan. Mandela sendiri pernah di penjara selama 20 karena dia selalu menentang hukum aparthid (sistem pemisahan ras) yang diterapkan oleh pemerintah kulit atau penjajah di Afrika Selatan sejak sekitar tahun 1910 sampai 1990.

11 Februari 1990 adalah tanggal dimana Mandela dibebaskan dari penjara dan merupakan salah peristiwa besejarah bagi rakyat Afrika Selatan. Karena dengan pelepasannya hukum apartheid secara otomatis berakhir. Setelah terbebas Mandela menjadi presiden pertama bagi Negaranya yakni Afrika Selatan.

Tokoh Inspiratif | Marie Curie

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / firstpost.com

Marie Curie seorang wanita yang lahir tanggal 7 November 1867 merupakan wanita pertama di dunia yang menerima Nobel karena jasanya dibidang Kimia dan Fisika. Dialah yang menemukan tentang senyawa radioaktif. Senyawa yang berguna sebagai sumber radiasi dalam percobaan ilmiah ataupun di bidang kedokteran.

Senyawa ini jika digunakan menjadi obat maka dapat untuk mengobati tumor.
Marie Curie adalah wanita asal polandia. Dimana di sana pendidikan untuk wanita masih di batasi. Maka prestasinya semakin luar biasa karena pada masa lampau hanya beberapa wanita yang diizinkan untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Tokoh Inspiratif | Martin Luther King

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / medium.com

Martin Luther King Jr adalah seorang aktivis hak-hak sipil di Amerika. Saat melakukan pernyataan dia selalu mengungkapkan dengan penuh gairah, namun tanpa kekerasan. Dia juga yang meningkatkan kesadaran rakyat Amerika akan ketidaksetaraan antara bangsa kulit putih dan bangsa kulit hitam di Amerika, dimana hal tersebut menyebabkan rasisme.

Selain menjadi aktivis Martin Luther King juga seorang orator yang pandai berimajinasi dan sanggup menangkap hati manusia. Salah satu pidatonya yang paling terkenal ialah ‘ I have a dream ‘ yang mempunyai isi harapan untuk perdamaian antara manusia di bumi karena semua orang diciptakan sama

Tokoh Inspiratif | Muhammad Ali

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / nba.com

Muhammad Ali atau yang bernama asli Cassius Clay adalah seorang juara tinju dunia yang tidak hanya bertarung di ring tinju, tetapi juga di kehidupan umum. Ia seorang aktivis yang sangat mementingkan hak-hak sipil dan kepentingan bangsa Afrika. Petinju yang meninggal dunia pada 3 Juni 2016 pernah menolak wajib militer (berperang melawan Vietnam)

Karena menolak wajib militer Ali di dakwa dan di tuntut, tapi dia tetap menjalaninya karena dia lebih mementingkan kepedulian sosialnya untuk mengangkat derajat ras Afro-Amerika.

Tokoh Inspiratif | Mahatma Gandhi

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / salamyogyakarta.com

Jika Afrika Selatan memiliki Nelson Mandela maka India mempunyai pahlawannya sendiri yaitu Mahatma Gandhi. Ia adalah seorang tokoh utama yang berusaha untuk memerdekaan India dari penjajahan inggris. Gandhi mempunyai filosofi tentang demonstrasi yaitu dimana demonstrasi tanpa adanya kekerasan dan dengan jalan damai.

Gandhi selalu berusaha untuk menyakinkan rakyat India bahwa mereka pantas untuk mendapatkan kemerdekaan. Dahulu sebelum kemerdekaan Pakistan dan India masih dalam satu negara, tetapi menjelang kemerdekaan India kedua negara tersebut berpisah walaupun Gandhi mementangnya untuk menunjukkan bahwa antar agama islam dan hindu dapat hidup dengan damai.

Tak hanya itu perjuangan Gandhi yang lain yaitu memperbaiki keadaan perempuan dan orang-orang yang kehilangan haknya karena sistem kasta.

Tokoh Inspiratif | Leonardo da Vinci

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / mos.org

Ia adalah seorang seniman dan salah satu filsuf terkenal di muka bumi. Dia berkonstribusi besar bagi dunia dalam ilmu anatomi, fisika, sains dan lain sebagainya. Tak hanya itu, karyanya yang paling terkenal di dunia adalah melukis gambar paling ikonik dalam peradaban manusia, yaitu Mona Lisa.

Sejak usia kecil ia sudah memperlihatkan bakatnya dalam artistiknya yang luar biasa dan kemampuan akedimis yang melebihi anak-anak seusianya. Hal yang unik dari Leonardo da Vinci yaitu dia melajang sepanjang hidupnya.

Tokoh Inspiratif | Helen Keller

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / en.wikipedia.org

Hellen keller adalah seorang gadis yang terlahir normal tetapi saat kecil di menderita demam otak sehingga menyebabkan penglihatan dan pendengarannya hilang. Karena tidak bisa belajar seperti layaknya orang normal maka dia di beri pendidikan khusus oleh orang tuanya yaitu guru dari sekolah khusus orang buta yaitu Anne Mansfield Sullivan.

Akhirnya dia pun menjadi salah satu penulis terkenal di Amerika dan menjadi aktivis politik serta menjadi juru kampanye amal untuk orang difabilitas. Karena kekurangannya dia harus berjuana keras untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi manusia.

Dan akhirnya dia menjadi orang pertama yang mencapai gelar sarjana dengan keadan buta tuli dan menjadi aktivis sosial untuk membantu masalah sosial dan difabilitas. Karena dirinya lah sekarang masyarakat menghilangkan kesan negatif pada orang yang mempunyai kekurangan dan kecacatan.

Tokoh Inspiratif | Oprah Winfrey

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / variety.com

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh inspiratif di balik kesuksesan The Oprah Winfrey Show. Iya, dia adalah Oprah Winfrey wanita berusia 63 tahun ini berhasil membuat program talkshow majalahnya selalu nomor satu dia amerika selama 25 tahun.

Oprah sendiri mempunyai latar belakang keturunan Afrika-Amerika, mempunyai kulit hitam, sehingga membuat kehidupannya penuh dengan keterbatasan, karena Oprah terlahir dari keluarga yang miskin dimana ayahnya hanyalah seorang buruh tambang sedangkan ibunya menjadi seorang pekerja rumah tangga.

Di balik semua kesuksesan dan pengahargaan dari semua orang sekarang, Oprah mempunyai kisah yang kelam dalam hidupnya. Saat masih berusia 9 tahun Oprah diperkosa oleh sepupunya dan membuatnya hamil, tetapi terpaksa digugurkan karena kehidupannya yang belum memungkinkan untuk mempunyai anak.

Kejadian tersebut membuat Oprah semakin bersungguh sungguh dalam menjalani hidup dan tersebut dibuktikan dengan prestasinya yang semakin melesat. Diapun berhasil menjadi putri kecantikan kaum kulit hitam ketika Oprah masih berkuliah di Tennessee State University.

Tokoh Inspiratif | Nick Vujicic

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / heightline.com

Pernahkah di antara kita jika terlahir kedunia tanpa anggota tubuh yang lengkap? Jangankan berpikir mempunyai tubuh yang tidak lengkap, jika ada sedikit kekurangan atau cedera di tubuh saja sudah membuat minder dan sedih karena cedera cedera atau kekurangan yang sepele. Tapi tidak bagi seorang laki-laki Australia.

Dia justru menjalankan kehidupannya dengan bahagia dan besar hati walaupun dia lahir tidak mempunyai tangan dan kaki. Dia adalah Nick Vujicic tokoh inspiratif dunia yang juga seorang motivator asal negeri kangguru.

Walaupun saat masih sekolah dia menjadi bahan bully teman temannya. Tetapi dia berhasil membuktikan bahwa dia bisa menjadi orang yang menginspirasi. Hal itu ditunjukan dari sikap penerimaan Vujicic atas kondisi kekurangan fisiknya.

Dengan semua kekurangan tersebut dia juga mampu membina rumah tangga dan bisa mempunyai dua anak, sebab itulah dia bisa di sejajarkan dengan para tokoh inspiratif dunia.

Jelas saja kehidupan Vujicic tidak semudah yang kita yan mempunyai anggota tubuh lengkap, tapi dia dapat membuktikan bahwa kekurangan bukanlah sebuah alasan untuk tidak bahagia.

Tokoh Inspiratif | Stephen Hawking

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / bgr.com

Tokoh inspiratif selanjutnya adalah Stephen Hawking dia berjasa pada dunia literatur sains, dia juga dikenal sebagai penulis Amerika Serikat. Keterbatasan walaupun menderita penyakit syaraf namun hal tersebut bukan penghalang bagi Hawking untuk berkarya. Karyanya dalam bidang literatur sains menjadi bahan bacaan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Karena penyakit syaraf tersebut membuatnya selalu beraktifitas dengan kursi roda selama 42 tahun, tak hanya itu dia juga tidak bisa berbicara sampai 28 tahun. yang bisa Hawking lakukan hayalah mengerakan beberapa jari-jarinya untuk menulis karya tentang sains.

Tetapi Hawking selalu berkeyakinan bahwa akan selalu ada kesempatan dibalik kesulitan yang bisa dikalahkan dengan baik dan semua orang bisa sukses jika dia mempunyai keinginan yang kuat untuk menghadapi tantangan tersebut.

Tokoh Inspiratif | Nancy Matthews Edison

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / sdntigakuwayuhan.blogspot.com

Tokoh inspiratif selanjutnya adalah kisah dari ibu penemu lampu. Dalam suatu cerita, seorang anak kecil berumur 4 tahun, yang mempunyai masalah dengan pendengaran dan lamban dalam belajar di sekolah, pulang menuju rumahnya dengan membawa kertas dari gurunya di sekolah untuk diserahkan ke ibunya.

Ibunya pun membaca kertas dalam hati ” Tommy, putra ibu, sangat bodoh. Kami dari pihak sekolah meminta ibu untuk mengelurkan dia dari sekolah.”

Ibu anak tersebut kaget saat membaca surat tersebut, tetapi dia segera berkata kepada anaknya bahwa ” anak saya Tommy, kamu adalah anak jenius. Sekolah tidak bisa lagi maka ibulah yang akan mendidik dan mengajar kamu.”

Tommy kecil pun tumbuh menjadi Thomas Alva Edison, yaitu salah satu penemu yang membuat dunia berubah menjadi lebih baik seperti sekarang ini. Seorang yang hanya bersekolah sekitar 3 bulan, denga fisik sedikit tuli, tetapi semua itu bukanlah tembok penghalang untuk menjadi orang yang bermanfaat.

Mungkin hanya sedikit orang yang mengenal Nancy Mattews, tetapi jika kita mendengar nama Thomas Alva Edison, maka kita otomatis langsung tahu bahwa dialah penemu lampu dan berpengaruh besar dalam sejarah.

Tak hanya lampu, Thomas Alva Edison juga seorang penemu yang mempunyai 1.093 paten penemuan atas dirinya. siapa yang akan menyangka jika bocah dengan gangguan pendengarana dan bodoh serta diminta keluar dari sekolahnya, akhirnya bisa menjadi seorang penemu besar dalam sejarah manusia ? tentu saja dia adalah ibunya!.

Ya, Nancy Edison, ibu sekaligus guru dari Thomas Alva Edison, dia pantang arang dengan keputusan dari pihak sekolah ingin mengeluarkan anaknya karena kekurangan anaknya. Nancy memutuskan untuk mengeluarkan Edison dari sekolah dan dia yang akan menjadi guru pribadi bagi Edison dirumah.

Dia lah yang membuat Edison tetap semangat dengan semua kekurangnya, dan dia juga lah yang membuat Edison menjadi penemu besar dalam sejarah manusia.

Tokoh Inspiratif | Bob Sadino

Tokoh Inspiratif
Tokoh Inspiratif / yukepo.com

Sosok inspiratih terakhir dari negara kita Indonesia dia adalah Bambang Mustari Sadino atau lebih dikenal dengan panggilan Bob Sadino. Bambang Mustari Sadino lahir pada tanggal 9 maret 1933 di Tanjung Karang atau sekarang lebih dikenal dengan nama Bandar Lampung,

Dia dikenal sebagai seorang pengusaha yang berasal dari Indonesia dengan bisnisnya yang befokus pada bidang pangan dan peternakan. Dia adalah pembuat sekaligus pemilik usaha Kemfood serta Kemchick. Bob Sadino terkenal dengan gayanya sendiri, dalam berbagai kegiatan baik formal maupun non formal dia sering terlihat santai dengan kemeja berlengan pendek dan celana pendek.

Sadino terlahir dari keluarga yang bisa dibilang berkecukupan. Saat kedua orang tuanya meninggal dunia, Bob Sadino yang saat itu masih berusia sekitar 19 tahun mendapat seluruh warisan kekayaan karena semua saudara kandungnya yang lain sudah mempunyai kehidupan yang mapan.

Setelah mendapat warisan tersebut Bob menghabiskan sebagian harta warisan tersebut untuk berkeliling dunia. Ia pun tinggal di Belanda selama 9 tahun. Di Belanda, Bob bekerja di perusahaan Djakarta Lylod di yang berada di kota Amsterdam. Dia juga pernah bekerja di kota Hamburg, Jerman.

Saat tinggal di negara kincir angin, Bob bertemu dengan seseorang yang kelak akan menjadi pasangan hidupnya yakni Soelami Soejoed.

Sekitar tahun 1967, Bob dan keluarga memilih untuk pulang ke kampung halamannya, Indonesia. Saat kembali Bob membawa 2 Mercedes miliknya ke Indonesia. Salah satu Mercedesnya dijual untuk membeli tanah di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Sementara yang lain tetap ia gunakan untuk dirinya sendiri.

Setelah beberapa tahun menetap di Indonesia, Bob membuar keputusan besar yaitu keluar dari pekerjaannya karena ia mempunyai tekad untuk berwirausaha.

Dan pekerjaan pertama yang dilakukan Bob dalah merentalkan Mercedes yang ia miliki dan menjadi sopirnya. Tetapi tidak bertahan lama karena suatu ketika ia mengalami kecelakaan dan membuat mobilnya mengalami kerusakan sangat parah.

Karena tidak mempunyai uang untuk memperbaiki Mercedesnya, Bob beralih kepekerjaan yang sangat jauh dari passionnya yaitu menjadi kuli bangunan yang pada saat itu hanya mendapatkan upah sebesar Rp 100.

Karena mengalami masa masa yang sulit teman dan keluarga bob sadino ingin membantunya tapi dia menolak, akhirnya seorang temannya menyarankan Bob untuk berbisnis telur ayam negeri. Bob pun tertarik dengan ide tersebut.

Diapun mulai mengembangkan bisnisnya. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih laku keras di pasaran. saat pertama kali berjualan Bob memasarkan telur-telurnya dari rumah ke rumah. saat itu, telur ayam negeri masih belum populer di Indonesia sehingga dagangannya hanya dibeli oleh orang asing yang berada di daerah Kemang.

Dengan berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai berkembang. Setelah itu Bob melanjutkan dengan daging ayam. Selain telur ayam negeri dan daging ayam, dia juga berjualan sayur hidroponik, dia pencetus ide tanaman hidroponik pertama di Indonesia.

Inilah Tokoh Inspiratif dunia yang terkenal versi salingamanah.com, Mudah-mudahan Anda akan terinspirasi dari tokoh di atas ini, dan akan mengubah kehidupan Anda yang lebih baik kedepannya. 

Tokoh Inspiratif

Leave a Comment

%d bloggers like this: