5 Tokoh Pendiri ASEAN Beserta Foto dan Asal Negara Lengkapnya

Tokoh Pendiri ASEAN – ASEAN merupakan organisasi kerjasama global dampingi negara- negara yang terdapat di area Asia Tenggara. Saat ini ada 10 Negara Organisasi ASEAN. Asal usul ASEAN awal dibangun di tahun 1967 melalui Deklarasi Bangkok.

Awal mulanya cuma terdapat 5 negeri pendiri ASEAN yang diwakili oleh tokoh dari masing- masing negeri yang menandatanganinya. Siapa sajakah 5 tokoh pendiri ASEAN itu?

ASEAN merupakan kependekan dari Association of Southeast Asian Nations. Organisasi ini ialah Organisasi yang medampingi negara- negara Asia Tenggara di aspek ekonomi, politik, berolahraga dan kerjasama global yang lain.

Awal kali ASEAN diuntuk melalui Keterangan Bangkok yang diadakan pada bertepatan pada 8 Agustus 1967. Semacam namanya, Deklarasi Bangkok diadakan di kota Bangkok, Thailand.

Penandatanganan Keterangan Bangkok dicoba oleh 5 negeri pendiri ASEAN. 5 negeri ini yang jadi organisasi awal ASEAN dimana saat ini telah terdapat 10 negeri Organisasi ASEAN dengan cara totalitas.

Ada pula 5 negeri pendiri ASEAN itu mencakup Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore dan Filipina. Masing- masing negeri memandatkan tokoh sebagai perwakilan negeri yang memaraf Keterangan Bangkok itu.

Tokoh Pendiri ASEAN

Siapa sajakah julukan pendiri ASEAN yang menggantikan masing- masing negara- negara pendiri ASEAN. Selanjutnya ini ialah uraian hal profil dan gambar tokoh pendiri ASEAN dari masing- masing negeri sepenuhnya.

1. Adam Malik ( Indonesia)

tokoh pendiri asean

Adam Raja ialah tokoh Indonesia yang diketahui sebagai salah satu dari 5 pendiri ASEAN yang berawal Indonesia. Beliau lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara pada bertepatan pada 22 Juli 1917 dan tewas di kota Bandung, Jawa Barat pada bertepatan pada 5 September 1984.

Dikala penandatanganan pemuntukan ASEAN di tahun 1967, Adam Raja berprofesi sebagai Menteri Luar Negara Indonesia dan menggantikan Indonesia dalam insiden Keterangan Bangkok yang jadi cikal akan terjadinya ASEAN.

2. Tun Abdul Razak ( Malaysia)

tokoh pendiri asean

pelajaransekolahdi.blogspot[dot]com

Tun Abdul Razak lahir di Minggu, Pahang, Malaysia pada bertepatan pada 11 Maret 1922 dan tewas di London, Inggris pada bertepatan pada 14 Januari 1976. Beliau diketahui sebagai perwakilan Malaysia dalam Keterangan Bangkok, menjadikannya salah satu dari 5 tokoh pendiri ASEAN. Abdul Razak pula berprofesi sebagai Kesatu Menteri Malaysia semenjak tahun 1970 hingga beliau tewas di tahun 1976.

3. Thanat Khoman ( Thailand)

tokoh pendiri asean

pelajaransekolahdi.blogspot[dot]com

Dalam Keterangan Bangkok, negeri Thailand diwakili oleh Thanat Khoman berlaku seperti Menteri Luar Negara Thailand antara tahun 1959 hingga 1971. Khoman lahir di Bangkok pada bertepatan pada 9 Mei 1914 dan tewas pada bertepatan pada 3 Maret 2016 kemudian di umur yang ke- 101 tahun. Thanat Khoman juga diketahui sebagai tokoh arsitek ASEAN dari Thailand yang jadi tuan rumah penandatanganan persetujuan.

4. Narciso Ramos ( Filipina)

pelajaransekolahdi.blogspot[dot]comNarciso Ramos merupakan tokoh politik asal Filipina yang jadi salah satu pendiri ASEAN. Beliau lahir di Asingan, Pangasinan, Filipina pada bertepatan pada 11 November 1900 dan tewas di kota Manila, Filipina pada bertepatan pada 3 Februari 1986.

Ramos pula bekerja sebagai wartawan, pengacara dan delegasi besar. Dikala deklarasi Bangkok, Narciso Ramos menggantikan Filipina sebagai Menteri Luar Negara dan jadi salah satu pelopor berdirinya ASEAN.

5. S. Rajaratnam ( Singapore)

pendiri asean

pelajaransekolahdi.blogspot[dot]com

Tokoh arsitek ASEAN selanjutnya merupakan S. Rajaratnam dari Singapore. Julukan lengkapnya Sinnathamby Rajaratnam yang lahir di Jaffina pada bertepatan pada 25 Februari 1915 dan tewas di Singapore pada bertepatan pada 22 Februari 2006. Beliau jadi Menteri Luar Negara Singapore antara tahun 1965 hingga 1980, hingga tidak bingung bila beliau jadi perwakilan Singapore dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok 1967.

Demikianlah rujukan wawasan hal tokoh tokoh pendiri ASEAN yang jadi perwakilan 5 negeri pendiri ASEAN pada penandatanganan Deklarasi Bangkok. Ada pula 5 negeri arsitek ASEAN merupakan Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapore. Demikian alam rujukan wawasan kali ini.