8+ Unsur Unsur Seni Rupa, Pengertian dan Fungsinya Update 2019

Unsur Unsur Seni Rupa – Apa sih seni rupa itu ? Seni rupa merupakan cabang seni yang menjadikan objek yang di nikmati terutama menggunakan bentuknya. Contoh seni rupa seperti seni lukis, pahat, grafis, film, arsitektur, desain grafis, desain interior, kriya kulit, kriya bambu dan lain-lain.

Keindahan bentuk karya seni bisa di nikmati oleh orang yang mengerti makna yang terkandung pada seni tersebut. Unsur yang membentuk pada seni tersebut biasa di bilang dengan unsur seni rupa.

Unsur Seni Rupa

Terkandung beberapa unsur jenis seni rupa yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. buat seni rupa murni biasa di meninjau dengan pola keindahan. berlainan dengan seni rupa terapan dia lebih menonjolkan trik ataupun fungsi kegunaannya.

Unsur Unsur Seni Rupa

Seni rupa itu di bagi sebagai 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni ruoa 3 dimensi. Semenjak adanya Unsur ini menjadikan sebuah seni rupa bisa dilihat dan diamati oleh orang banyak.

Berikut pembahasan berkenaan seni rupa:

1. Titik

Unsur titik itu sebagai unsur seni rupa yang awal dan yang paling kecil. Biasanya Titik berada di dimensi 1 ataupun yang berada di paling awal. Bisa di katakan apabila titik ini bisa sebagai sebuah ide pada tahap pembuatan karya seni. Unsur titik bisa sebagai perhatian tersendiri dan mempunyai warna yang berlainan dengan yang lainnya. apabila titik yang besar itu bisa di sebut dengan bintik.

2. Garis

Garis itu masuk pada unsur seni rupa 2 dimensi. Unsur ini timbul dari Unru titik-titk yang tersambung hingga sebagai sebuah garis yang panjang, dan arah yang tertentu. terdapat banyak jenis garis yang masuk pada seni rupa. Berikut di antaranya adalah: garis panjang, pendek, tebal, tipis, vertical, horizontal, miring, lurus, berombak, melengkung, patah-patah dan sebagainya.

Dengan bermacam-macam garis ini dia menghadiahkan kesan tersendiri bagi yang memakainya. Kesan yang muncul dari unsur garis seperti megah, kuat, simpel dan beda sebagainya. Garis berlandaskan wujud terdapat 2 yaitu semu dan nyata.

3. Bidang

Unsur bidang ialah unsur seni rupa yang di hasikan oleh gabungan beberapa garis tertentu. Bidang termasuk pada jategori dimensi ke 2 yang masuk pada seni rupa dan mempunyai panjang dan lebar. Unsur bidang biasa di sebut dengan pipih.
Contoh bidang seperti persegi, trapezium dan beda sebagainya. Unsur bidang ini menimbulkan beberapa sisi dari suatu karya seni rupa.

Istilah bidang biasa di gunakan buat menunjuk suatu benda yang condong pipih ataupun datar. Unsur bidang pada unsur seni rupa ialah salah satu bentuk dari pergabungan beberapa garis. Unsur bidang pun di batasi dengan kontur yang ialah unsur 2 dimensi dan menyatakan permukaan.

Istilah “bidang” biasa di gunakan sebagai penunjuk benda yang condong pipih dan datar. Sedangkan “bangun” dan “bentuk” lebih menonjol kepada wujud benda yang mempunyai volume (mass).

4. Bentuk

Unsur bentuk mempunyai sebuah karya seni rupa apabila di pakai tentu kelihatan sebagai lebih hidup. Serta bisa di amati sebagai karya seni utuh, kemudian bentuk sendiri ialah wujud dari suatu objek yang berbeda. Semisal sebuah benda berwujud kotak yang di meninjau dari bermacam sisi bidang yang di satukan.

Bentuk secara bahasa bisa di artikan bangun (shape) ataupun bentuk plastis (form). (Shape) merupakan bentuk yang polos yang bisa di meninjau oleh panca indera, dan buat menyebut sifat yang bulan ataupun persegi.

5. Ruang

Unsur ruang apabila di artikan pada bahasa yang leluasa merupakan keseluruhan ataupun keluasan. Termasuk terdapat udara udara di dalamnya. Unsur ruang apabila di artikan pada ruangan yang sempit tentu terbagi sebagai dua, yaitu ruang negatif dan positif.

Unsur ruang negatif bisa di katakan sebagai ruang yang mengelilingi wujud ataupun bentuk. Sedangkan ruang positif merupakan ruang yang di isi wujud dan bentuk. Didalam sebuah karya seni rupa 2 dimensi, unsur ruang menunjukan kesan dimensi yang berbeda.

Karya 2 dimensi kesan ruang bisa dihadirkan pada karya pengolahan unsur kerupaan seperti perbedaan intensitas warna, terang dan gelap. pun bisa menggunakan trik menggambar perspektif buat menciptakan ruang semu (khayal).
Unsur ruang yang berada di alam nyata biasa di namakan ruang nyata, dan di wujudkan pada gambar ruang hambatan (imajiner).

6. Warna

Warna merupakan sebuah unsur yang berada didalam seni dan pun dibilang sangatlah penting buat menjadikan sebuah karya desain. Dengan menggunakan warna manusia bisa menciptakan apa saja menggunakan imajinasi yang mereka punya.

Secara prinsip warna Brewster merupakan warna yang datang dari 3 warna pokok seperti, marah, biru dan kuning. Karena warna bisa menghadiahkan makna tertentu. Macam-macam warna seperti, warna muda, tua, terang, gelap, redup, dan cerah.

7. Texstur

Texstur merupakan unsur seni rupa yang lebih menonjolkan kualitas taktis dari suatu permukaan pada karya senii rupa. Unsur texstur pun bisa di bedakan atas texstur orisinil dan buatan.

Contoh dari texstur orisinil seperti perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapt di raba. Sebaliknya texstur buatan hasil permukaan objek yang timbul pada suatu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ruang, terang dan gelap.

Texstur sendiri merupakan permukaan suatu benda yang halus dan yang kasar. Contoh texstur kasar seperti halnya baang kayu, daun dan batu. Contoh texstur halus seperti halnya kaca, plastik dan kertas. Jika di gambarkan pada bentuk benda, texstur sendiri bisa terlihat mengesankan dengan bobot yang ringan dan berat.

8. Gelap Terang

Unsur yang terakhir merupakan unsur gelap terang, yang mana unsur ini bisa menjadikan sebuah karya seni sebagai napak lebih nyata dan indah.

Perbedaan ini pun mengakibatkan munculnya tingkat suara warna (value) yang berlainan pula. Serta bagian yang terkena kilauan tentu mengakibatkan kilauan yang lebih gelap. apabila benda yang tertimpa kilauan secara langsung di situlah terdapat sisi yang gelap dan terang.

Cara penggambaran bentuk benda yang baik salah satunya di tentukan oleh keahlian diri sendiri pada trik menunjuk sisi gelap dan terang.

Fungsi Seni Rupa

Jika dilihat dari garis besar, seni visual memiliki fungsi buat mencurahkan perasaan dan pikiran ataupun ide dari seniman. Unsur seni  bermanfaat buat kehidupan sosial serta lingkungan.

Berikut perincian berkenaan fungsi seni visual:

1. Fungsi Individu

Fungsi Individu terjadi sebuah adanya karya seni buat seniman yang membuatnya. Karya seni bisa di bilang merupakan sebuah curahan hati yang cuma bisa di sampaikan menggunakan tulisan ataupun benda. Seni visual berfungsi buat memancarkan hasil dari ciptaan yang telah di buat oleh orang tersebut.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial merupakan sebuah karya seni yang di berikan kepada orang banyak dan menghadiahkan kepuasan bagi penikmatnya. Contoh dari fungsi sosial merupakan keindahan sebuah lukisan yang dapt dinikmati oleh orang banyak dan masyarakat luas.
Mungkin cuma ini saja yang bisa kita bahas pada peluang kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih guys…

Leave a Comment