10 Wisata Gunung Kidul yang Mempesona, Cocok Liburan Loh

10 Wisata Gunung Kidul yang Mempesona, Cocok Liburan Loh

Wisata Gunung Kidul – Baiklah sahabat Pembaca yang hobby travelling disini saya akan menjelaskan berbagai macam objek wisata yang indah di Gunung Kidul. Agar kalian tidak kesulitan dalam mencari tempat wisata yang unik maka, saya akan mengurutkan objek wisata yang berada di Provinsi Yogyakarta sebelah timur kota Yogyakarta yang menarik dan memikat pengunjung untuk datang kembali kesini.

Berwisata memang hal yang sangat menyenangkan bagi semua orang yang dapat memanjakan mata dan membuat hati pengunjung bahagia serta dapat menetralisir emosi yang terpendam dalam-sedalam lautan. Ada orang yang menamakan berwisata itu ibadah, karena berwisata pengunjung menanamkan benih senyuman yang indah di bibirnya.

langsung saja saya akan menjelaskan berbagai objek wisata yang indah di Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal sekarang ini:

1. Bukit Kosakora Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul
Sumber : ngetripyuk.id

Wisata Gunung Kidul – Bukit Kosakora termasuk bukit yang indah dan terletak tidak jauh dari Pantai Drini. Setelah penelitian bukit ini tingginya kurang lebih 50 Meter dari permukaan air laut sehingga bukit ini tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu lelah saat pengunjung ingin naik ke Bukit Kosakora. Konon katanya bukit ini dapat memikat hati pengunjung untuk selalu pergi kembali ke Bukit Kosakora.

Bukit Kosakora ini sangat menarik, bagi pengunjung yang datang kesini mereka dapat menikmati keindahannya saat suasana di pagi hari, sore hari dan malam hari. Pengunjung juga dapat mengambil gambar saat berada di Bukit Kosakora dengan keadaan landscape laut yang begitu luas indah bagaikan rembulan yang memancarkan sinarnya.

JIka Anda pergi ke Bukit ini pasti ketagihan deh rasanya ingin kembali kesini lagi menikmati indahnya pemandangan yang sangat amazing banget. Bukit ini memiliki keistimewaan karena selain mempunyai pemandangan landscape laut yang luas, Bukit Kosakora sering terkenal namanya dengan Keindahan panorama sunset yang dapat memanjakan mata pengunjung.

Jika Anda pergi ke Bukit Kosakora tidak mengabadikan mengambil gambar di bukit ini pasti Anda akan menyesal sekali, apalagi jika Anda pergi ke tempat ini pada waktu yang tepat, saran dari saya gunakan smartphone yang kualitas kamera dan lensa yang paling bagus untuk mendapatkan gambar yang terbaik dan Anda bisa menjadi selebgram dadakan di Instagram.

Bukit Kosakora termasuk wisata 1 paket dengan Pantai Drini, bila Anda ingin memanjakan diri di bukit ini dengan waktu yang lama Anda bisa menyewa penginapan di Pantai Drini, sekalian Anda juga bisa menitipkan kendaraan Anda di Pantai Drini, di Pantai Drini ini menyediakan penginapan yang sangat murah dengan tarif sewa mulai Rp 50.000 hingga Rp. 500.000.

Nah, jika pengunjung ingin menikmati suasananya silahkan berkunjung secepatnya. Selamat berkunjung dan menikmati keindahan di Bukit Kosakora. Jaga diri dan hati-hati dalam perjalan dan jangan lupa jaga kebersihan dengan jangan membuang sampah sembarangan karena sebaik-baik manusia merekalah yang selalu menjaga kebersihan.

2. Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Wisata Gunung KidulSumber : jogjaadventuretrip.com

Bicara soal Gunung Kidul, pasti sulit untuk menghapus daya ingatan diri kita dari kata Gunung Kidul, dengan berbagai macam wisata bukit, pantai, gunung, goa, dan lain sebagainya. kali ini saya ingin membahas objek wisata goa yang terkenal namanya Goa Kalisuci.

Goa Kalisuci termasuk wisata goa yang mempunyai sungai terletak di bawah tanah sekitar 10 kilometer dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari kota Yogyakarta, kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta tepatnya di desa Pacerejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Goa Kalisuci adalah tempat wisata yang unik untuk diabadikan saat mengambil gambar dengan air yang begitu jernih bagaikan permata yang berkilau yang membuat para pengunjung ingin menikmati keindahannya. Konon katanya air di Goa Kalisuci ini mata air nya  sangat bersih dan dengan model batu pilar yang besar dan sejuk saat berada di dalam goa tersebut.

Kebanyakan pengunjung yang datang ketempat ini untuk menghilangkan beban fikiran yang begitu berat, emosi yang tinggi, karena dengan rutinitas kegiatan sehari-hari yang begitu banyak sehingga pengunjung yang pergi kesana dapat merefresh fikirannya, emosinya dan menghilangkan kepenatan pada dirinya setelah adventure di Goa Kalisuci ini.

Wisata Gunung Kidul

Jika Anda ingin berpetualang di Goa Kalisuci inilah tempatnya yang memiliki sensasi jelajah yang mencengangkan dan penuh tantangan dengan arus jeram yang aman bagi penjelajah pemula. Di Goa Kalisuci dalam pencahayaannya sangat minim cahaya terangnya karena, tempatnya yang terletak di bawah tanah sehingga setiap lorong-lorong itu gelap.

Jika pengunjung phobia gelap dan ruang sempit maka lebih baik jangan mencoba untuk berkunjung kesini karena tempatnya perlu nyali yang benar-benar pemberani dan tangguh.

Wisata Goa Kalisuci akan ditutup saat hujan deras yang tinggi karena untuk keselamatan pengunjung yang akan menikmati keindahan Goa Kalisuci.

Bagi Anda yang ingin pergi ke Goa Kalisuci tidak akan menyesal, karena tempat wisatanya sangat menyenangkan dan suasana yang mengcengankan dengan cahaya yang gelap dan suara kelelawar di dinding Goa Kalisuci yang sunyi dan unsur batu yang menarik.

3. Goa Pindul Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul
Sumber : tripgoapindul.wordpress.com

Goa Pindul Gunung Kidul, pengunjung pasti sudah sering mendengar yang namanya Goa Pindul yang memiliki keindahan yang sangat unik dari pada goa lainnya. Goa Pindul memiliki keunikan di berbagai areanya sehingga cocok sekali bagi para pengunjung untuk berpetualang untuk melepaskan kepenatan para pengunjung.

Goa Pindul merupakan objek wisata goa alam yang terletak di kawasan desa wisata Bejiharjo Kabupaten Gunung Kidul yang namanya sudah dikenal secara global. Letak Goa Pindul dekat dengan kota Yogyakarta, kurang lebih 60 kilometer perlu melakukan perjalanan selama 1 jam.

Goa Pindul dibilang aman untuk segala usia namun, tidak disarankan untuk umur anak di bawah 6 tahun karena kedalaman air yang tidak memungkinkan untuk usia anak berumur 6 tahun. Goa Pindul termasuk air yang mengalir secara tenang mestipun dalam keadaan hujan, jadi tidak perlu khawatir akan terjadinya banjir bandang.

Goa Pindul mempunyai panjang kurang lebih 350 meter, dan lebar kurang lebih 5 meter, dengan jarak permukaan air dengan atap goa kurang lebih 4 meter, dan kedalaman air kurang lebih 5 hingga 12 meter. Goa pindul ini mempunyai keunikan yang aneh dan unik berupa, 3 zona di dalam goa, yaitu zona terang, zona remang, zona gelap gulita. waktu menyusuri goa ini memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Zona Terang

Wisata Gunung Kidul
Sumber : tripgoapindul.wordpress.com

zona terang memiliki kedalaman kurang lebih 3-4 meter dan lebar kurang lebih 5 meter, di zona terang ini disambut oleh ribuan stalagmit yang indah dan beraneka ragam baik aktif maupun tidak aktif, seperti batu pilar atau batu kembar  di bawah ini:

Wisata Gunung Kidul
Sumber : tripgoapindul.wordpress.com

Menarik sekali batu pilar ini seperti mengibaratkan sepasang kekasih yang berdekatan dan kokoh dalam sebuah goa pastinya pengunjung ingin sekali datang segera ke Goa Pindul.

zona Remang

Wisata Gunung Kidul
Sumber : tripgoapindul.files.wordpress.com

Wisata Gunung Kidul – Goa Pindul zona remang ini memiliki keunikan dengan stalagmit tetesan air bagaikan mutiara yang berkilau cerah, konon katanya jika pengunjung wanita yang terkena percikan tetesan air mutiara di atas akan menambahkan kecantikan pada wajah pengunjung wanita dan membuat usia wanita tersebut menjadi lebih awet muda.

Wisata Gunung Kidul
Sumber : tripgoapindul.files.wordpress.com

Berbicara dengan tetesan air mutiara seperti gambar stalagmit di atas yang membuat pengunjung wanita menjadi lebih cantik dan awet muda.Penasarankan datangi saja Goa Pindul.

Zona Gelap Gulita

Wisata Gunung Kidul
Sumber : regipamungkas.blogspot.co.id

Wisata Gunung Kidul – Zona gelap gulita ini memiliki keunikan yang asli ajaib banyak orang bilang bahwa ini benar-benar nyata sehingga warga sekitar menjuluki Goa Pindul ini Air Terjun Pengantin karena di dalam sebuah goa terdapat air terjun yang indah. konon katanya, ada sepasang muda-mudi yang ngebet sekali ingin menikah secepatnya.

Sepasang muda-mudi tersebut mendatangi sebuah goa dan mandi di air terjun sehingga hati kedua orangtua mereka luluh dan merestui pernikahan mereka. Maka air terjun ini dinamakan Air Terjun Pengantin yang dapat memperlancar perjodohan. Nah, pengunjung yang sedang merasakan virus jambu merah silahkan mencoba mandi di air terjun itu supaya cepat direstui kedua orangtuanya agar terhindar dari perbuatan keji.

Goa Pindul membuka jasa begitu banyak bagi warga setempat. sehingga sekitar 150 keluarga mendapatkan nafkah dari berkembangnya wisata ini. Mereka Mentarif Rp 35.000 untuk menjelajah Goa Pindul dan jika ingin menyusuri sungai Tubing Kali Oyo dikenakan tarif Rp 45.000 ayo para pengunjung segera datang ketempat wisata ini murahkan.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Gunung Kidul
Sumber : www.datawisata.com

Wisata Gunung Kidul – Bicara soal Gunung Kidul, pasti pengunjung tidak asing mendengar tempat wisata Air terjun yang begitu indah sekali sehingga dikenal oleh para pengunjung asing dan traveler lainnya dengan keindahan yang dapat memanjakan mata kita hingga tidak ingin pulang saat sudah berada di area Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun ini terletak di dusun Menggoran, desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Air terjun ini sering diberi julukan Slempret oleh warga setempat karena letaknya di daerah Slempret. Air terjun ini sangat cantik dan menawan dengan diapitnya sebuah tebing-tebing yang tingginya kurang lebih 50 meter.

Air terjun ini mengalir tanpa deras mengenal jenis musimnya, apa saja musimnya pengunjung dapat menikmati keindahannya dan cocok sekali untuk bermain air dan berenang secara puas dan aman di air terjun tersebut.

Tiket masuk air terjun ini sangat murah sekitar Rp 3.000 sedangkan tarif untuk naik perahu dan menikmati keindahannya tarifnya sekitar Rp 10.000 perorang. Apabila Anda akan menyewa ban untuk berenang hanya ditarik tarif sekitar Rp 5.000 murahkan ayo segera datang ke wisata ini.

5. Goa Jomlang Gunung Kidul | Wisata Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul
Sumber : eksotisjogja.com

Wisata Gunung Kidul – Goa Jomblang adalah goa yang terkenal keindahannya dengan suasana yang sejuk untuk dinikmati oleh para pengunjung. Goa Jomblang terletak di desa Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Waktu yang tepat untuk menjumpai Goa Jomblang adalah pukul 10.00-12.00 karena matahari berada di posisi vertical.

Goa Jomblang mempunyai cahaya yang menyinari suasana di dalam goa dengan pancaran yang menakjubkan hingga membuat para pengunjung tergetar kalbunya karena melihat kecantikannya cahaya yang Allah berikan kepada alam semesta ini, untuk dinikmati oleh ciptaan-Nya.

Goa Jomblang memang terkenal dengan keindahan yang berbeda dengan lainnya sehingga jika para pengunjung ingin memasuki area Goa Jomblang ini tarif harga masuk kedalam kurang lebih Rp 450.000 perorang dengan banyak fasilitas : peralatan SRT satu set, makan siang, asuransi IAG dan guide dan transportasi sehingga pengunjung merasa puas.

6. Green Village Gedangsari

Wisata Gunung Kidul
Sumber : tokoilmukita.blogspot.co.id

Wisata Gunung Kidul – Green village Gedangsari terletak di dusun Guyangan, desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, sekitar 40 kilometer dari Yogyakarta.

Green Village Gedangsari termasuk wisata yang mempunyai keindahan dalam memanjakan mata para pengunjung dengan tempatnya yang begitu keren dan menakjubkan sehingga pemandangan terlihat sangat indah tempat ini sangat sejuk sekali dengan rumput-rumput yang berwarna hijau dan angin sepoi-sepoi yang memanjakan para pengunjung.

Green Village Gedangsari ini sangat cocok untuk para remaja yang demam Instagram dengan tingkah ke selebgraman sehingga banyak mereka yang beraneka ragam gaya saat pengambilan gambar di wisata ini.

Green Village Gedangsari diburu oleh orang-orang yang ingin mengejar ke artisannya karena dengan tempat yang benar-benar indah cocok untuk berbagai macam foto sehingga jika mereka mengambil gambar dalam keadaan landscape maka hamparan pohon-pohon hijau terlihat jelas dan perbukitan yang sangat indah, serta daerah Klaten terlihat jelas. Wisata Gunung Kidul.

Wisata Gunung Kidul
Sumber : yogyakarta.panduanwisata.id

Wisata Gunung Kidul – Biasanya wisata ini dikunjungi sore hari hingga menjelang petang malam hari karena banyak pengunjung yang mengejar sunset dan mengambil gambar dalam keadaan background cahaya lampu di daerah Klaten sangat tampak seperti bintang kejora yang amat banyak dan cantik untuk dilihat.

Green Village Gedangsari ini pengunjung hanya membayar parkir saja, tidak ada tarif tiket masuk area ini dan harga tiket parkir disini sangat murah hanya Rp 3.000 untuk pengnjung berkendaraan motor dan Rp 5.000 pengunjung berkendaraan.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata Gunung Kidul
Sumber : www.panduanwisatajogja.com

Wisata Gunung Kidul – Gunung Api Purba terletak di kota Yogyakarta wisata ini bisa di tempuh kurang lebih 1 jam jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dengan rute di kota Yogyakarta, Perempatan Bukit Bintang ,pertigaan Patuk (Radio GCD FM atau POLSEK) belok kiri, desa Nglanggeran.

Gunung ini mempunyai banyak fasilitas tidak heran semua orang banyak yang ingin menjumpai gunung ini. Dengan fasilitas seperti, posko kesehatan, pusat informasi, pusat kuliner, pusat stay, kamar mandi, tempat ibadah, jalur pendakian, camping Ground. Dengan banyaknya fasilatas pengunjung yang datang kesana dipastikan aman.

Bagi pengunjung yang sukanya mendaki cocok sekali karena wisata ini mempunyai banyak tantangan untuk dihadapi oleh pendaki dengan rintangan yang harus melewati beberapa gardu, dan keindahan bongkahan batu hingga mencapai puncak gunung. Di situ pendaki dapat melihat pemandangan yang indah berupa, sawah, kebun, embung dan tower.

Gunung Api Purba ini cukup terkenal dan sudah mendunia sehingga banyak pengunjung yang ingin mendaki di gunung tersebut karena wisata ini benar-benar menarik untuk pengambilan gambar di puncaknya yang bisa menghirup udara segar yang asri dan menikmati pemandangan super cantik.

Wisata Gunung Kidul
Sumber : gunungapipurba.com

Wisata Gunung Kidul – Gunung Api Purba tampak indah jika dilihat pada saat malam menjelang petang bisa melihat indahnya Indonesia malam hari suasana yang sunyi warna langit yang hangat membuat gairah kita untuk selalu mendaki di Gunung Api Purba tersebut bersama banyak sahabat dan keluarga.

Tiket Gunung Api Purba ini dikenakan tarif untuk domestik Rp 7.000 untuk siang hari dan Rp 9.000 untuk malam hari, jika pengunjung asing yang datang ke Gunung Api Purba itu akan dikenakan tarif Rp 15.000. Namun, harga bisa naik sewaktu – waktu. Nah, ayo kita coba untuk mendaki dan mengunjungi wisata ini.

8. Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul
Sumber : wisataliburan.co.id

Wisata Gunung Kidul – Pantai Watu Kodok terletak di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Gunung Kidul terkenal dengan pasir putih yang sangat cantik dengan pemandangan yang indah dan menarik.

Pantai Gunung Kidul dihiasi dengan keindahan langit biru, air laut yang biru dengan deras ombak yang menggulung kesedihan dunia dan pasir putih yang cantik sehingga banyak sekali manfaat dari pasir putih beserta angin kencang membuat pengunjung terlena dengan keindahan yang Allah ciptakan untuk kita semua.

Pantai Watu Kodok itu memiliki gazebo bagi pengunjung yang ingin beristirahat dengan santai dan menikmati keindahannya dengan model bentuk batu yang beraneka ragam dan dihiasi pohon hijau yang indah, konon katanya Pantai Watu Kodok ini dinamakan Watu Kodok karena salah satu bentuk batunya ada yang menyerupai kodok maka, warga setempat memberi julukan Pantai Watu Kodok.

Wisata Gunung Kidul
Sumber : backpackerjakarta.com

Pantai Watu Kodok ini sangat cantik jika pada fajar hari dan malam menjelang petang kita dapat menikmati indahnya susana sunset dan sunrise yang indah yang akan memanjakan mata pengunjung yang melihatnya.

Pengunjung yang akan menikmati pantai tersebut hanya dikenakan tarif Rp 10.000 perorang dan tidak hanya Pantai Watu Kodok saja yang bisa nikmati oleh pengunjung. Pengunjung bisa menikmati berbagai macam pantai lain karena jarak antara Pantai Watu Kodok dan yang lainnya jaraknya berdekatan.

9. Pantai Jogan Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul
Sumber : www.dutawisata.co.id

Wisata Gunung Kidul – Berbicara Gunung Kidul pengunjung pasti tidak asing mendengar wisata Pantai Jogan yang memliki keunikannya dalam memikat hati pengunjung agar tertarik untuk datang ke pantai tersebut. bukan hanya dengan tempatnya yang sejuk dan hembusan angin yang melepaskan kepenatan para pengunjung, konon katanya pantai ini dapat menghipnotis.

Pantai jogan terletak di daerah Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung juga pasti mengetahui tempatnya persis di sebelah barat Pantai Siung karena ketenaran namanya sehingga membuat wisatawan paham betul tempatnya.

Keunikakan pantai ini memliki air terjun yang terletak di bibir pantai, yang sangat cantik dan air nya yang sangat dingin beserta udara yang sejuk dengan pemandangan yang sangat indah yang dapat memanjakan pengunjung untuk datang kembali ke wisata ini.

Pantai Jogan memiliki ketinggian air terjun yang mencapai kurang lebih 10 meter dari sumber mata air yang mengalir dari perbukitan di sebelah utara pantai ini. Suara derapan air yang menyentuh hati pengunjung untuk memikat hati nya agar tidak cepat pulang kembali ke rumah.

Pantai Jogan ini bisa untuk berenang dan bermain air sepuasnya dan pengunjung dapat menikmati diguyurnya air terjun yang jatuh dari bibir pantai batu karang yang sumber air nya mengalir dari perbukitan yang asri dan sejuk.

Jika pengunjung ingin menikmati keindahan yang lebih menarik lagi disarankan untuk datang pada musim hujan karena pada saat musim hujan persedian air yang sangat banyak sehingga tampak terlihat indah jika datang pada musim hujan. Jika pengunjung datang pada saat musim kemarau pasti tidak akan merasakan keindahan derasnya air terjun yang mengalir.

10. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Wisata gunung Kidul
Sumber : instarix.com

Wisata Gunung Kidul – Telaga Biru sangat tenar dikalangan para remaja. Lokasi Telaga Biru berada di Puncuk Bukit Ngentak, desa Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisata ini memang sangat indah dan dapat memanjakan mata para pengunjung yang membuat pengunjung ketagihan kembali ke tempat ini.

Pada saat waktu liburan memang wisata ini sangat diburu oleh ribuan pengunjung untuk melihat keindahan telaga ini, dengan warna air berwarna hijau dan banyak pohon hijau yang menghiasi telaga ini sehingga dapat menyehatkan mata para pengunjung jika datang ke wisata yang sangat  indah ini.

Wisata Telaga Biru ini termasuk batu kapur, biasanya penduduk sekitar menggunakan batunya untuk membuat gamping, sehingga terdapat lobang atau bekas galian penduduk sekitar saat pengambilan batu kapur, sehingga menjadi waduk yang airnya berwarna hijau yang nampak indah dilihat.

Wisata ini tampak indah jika waduk itu airnya berubah warna tampak berawarna hijau kebiruan yang dapat mimikat hati pengunjung yang datang melihat perubahan air tersebut. Telaga ini dapat membuat suasana menjadi aman tentram dengan kesejukan udara yang dirasa oleh pengunjung.

Untuk menjaga kebersihan diharap para pengunjung selalu menjaga kebersihan untuk menjadikan lingkungan itu asri dan bersih dengan tidak merusak apa yang ada di wisata tersebut dan jangan membuang sampah sembarangan. Pengunjung yang ingin menikmati wisata itu hanya membayar uang parkir saja kurang lebih sekitar Rp 2.000.

Ternyata wisata yang berada di Gunung Kidul itu banyak sekali dan indah sehingga dapat memikat banyak pengunjung untuk berdatangan ke tempat GUNUNG KIDUL. Terima kasih Semoga Info ini menarik untuk anda semua.

Wisata Gunung Kidul

Leave a Comment

%d bloggers like this: